Workshop Penyusunan RPS berbasis Project Citizen

BANDA ACEH-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP Unsyiah mengadakan kegiatan Wroskhop penyusunan RPS Berbasis Projct citizen pada hari rabu 31 Oktober 2018, bertempat di ruang teleconference lantai II FKIP Unsyiah. Peserta dalam kegiatan ini adalah dosen yang ada di lingkungan FKIP dan juga dosen dari universitas lain seperti UIN Arraniry, dosen BBG Getsempena Banda Aceh dan juga dosen dari MKU. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan dasar pemahaman kepada peserta serta memberikan bekal dalam mendesain renca pembelajaran semester (RPS) berbasis project citizen. pemateri dalam kegiatan ini Prof. Dr. H. Dasim Budimansyah, M.Si. menjelaskan bahwa ” Project citizen merupakan salah satu model dalam pembelajaran di era moderen, bukan hanya dapat dipraktekkan dalam peembelajaran IPS, namun juga dapat diterakan dalam pembelajaran IPA. karena, melalui project, peserta didik akan lebih faham dan lebih mudah mendapatkan pengetahuan dibandingkan dengan non project, kegiatan ini membawa siswa untuk menemukan solusi dari apa yang menjadi masalah yang ada di lingkungannya”

Prof. Dr. Djufri, M.Si (dekan FKIP) dalam pembukaan kegiatan ini mengatakan bahwa “sangat tidak mungkin kita melaksanakan pembelajaran tanpa ada perencaan yang jelas, terukur dan sistematis, apalagi di era moderen sesuatu yang dilakukan memang harus sudah terencana dengan matang. namun demikian, kegiatan workshop ini beda dengan workshop biasa, dimana peserta diajarkan kemampuan untuk mendesain pembelajaran berbasis project citizen, dengan demikian akan menjadi mudah transformasi ilmu kepada peserta didik”. selnajutnya Dr. Sanusi, M.Si (Ketua Jurusan PPKn) menambahkan bahwa “pembelajaran projec citizen sebagai salah satu bentuk penerapan pembejalaran problm solving, mlalui pembelajaran ini peserta didik dilatih karakter tanggungjawab dan kreatif serta inovatif, sehingga workhsop ini menjadi penting untuk dilaksanakan, agar kita dapat menerapkan dalam proses belajar mengajar”. hasil dari worksho ini adalah lahirnya RPS yang berbasis pada pembelajaran project citizen untuk diaplikasikan dalam proses belajar mengajar, dengan demikian, melalui implementasi model pembelajaran ini juga diharapkan dapat memperbaiki kualitas pendidikan scara bertahap.

Ceritakan tentang diri Anda. Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik. Tulisan ini dapat diedit pada laman Dashboard / Pengguna / Profil Anda.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *